Visi dan Misi

VISI, MISI DAN TUJAN  SATUAN PENDIDIKAN

A. Visi satuan pendidikan

Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan mengutamakan kebutuhan peserta didik yang disesuaikan dengan karakteristik satuan pendidikan. Pengaruh globalisasi dapat mempengaruhi perilaku dan moral masyarakat, khususnya perilaku peserta didik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Oleh sebab itu peran oarngtua sangat penting dalam pembentukan karakteristik peserta didik.

Visi adalah cita-cita bersama untuk jangka waktu tertentu yang dirumuskan berdasarkan masukan dari seluruh warga sekolah (Visi merupakan cita-cita dan keinginan bersama yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan masa datang. Berikut ini adalah visi SMP Negeri 44 Batam) :

“Terwujudnya peserta didik berlandaskan imtaq yang unggul dalam bahasa, mandiri dan berwawasan kebangsaan”

Indikator Visi :

  1. Mengimplementasi dimensi pertama profil pelajar pancasila yaitu beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia,
  2. Melaksanakan ibadah secara rutin dan mandiri sesuai dengan tuntunan agama,
  3. Membiasakan bersikap jujur, dan berani menyampaikan kebenaran atau fakta serta memahami konsekuensinya
  4. Memiliki kemampuan membaca dan menghafalkan al quran secara Tahsin
  5. Memiliki kemampuan untuk  berkomunikasi dengan bahasa arab, inggris, dan Indonesia
  6. Memiliki semangat untuk meraih prestasi secara berkelanjutan
  7. Memiliki rasa percaya diri, Tangguh, adaptif dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas dalam proses pembelajaran
  8. Memiliki kemandirian dalam belajar dan berorganisasi
  9. Memiliki sikap kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif
  10. Memiliki rasa solidaritas dan toleransi yang dapat menerima berbagai suku, agama, ras dan antar golongan
  11. Selektif dalam menerima informasi sesuai dengan kenyataan yang ada (menghindari berita HOAX) dengan berlandaskan kepada norma yang berlaku di masyarakat.
  12. Semua warga satuan pendidikan sudah memiliki Akun Belajar.id yang sudah diaktifasi.
  13. Pembelajaran dan asesmen berbasis IT (Google classroom, Microsoft team 365, E-raport)  

B. Misi Satuan Pendidikan

Untuk mewujudkan visi, maka dirumuskanlah misi dalam bentuk kegiatan-kegiatan sebagai berikut :

  1. Mewujudkan peserta didik beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia.
  2. Membiasakan peserta didik untuk rajin beribadah dan berakhlak mulia yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Membiasakan peserta didik untuk berani dan konsisten menyampaikan kebenaran atau fakta serta memahami konsekuensinya untuk diri sendiri dan orang lain.
  4. Peserta didik memiliki hafalan penguasaan terhadap Tahfidz, Tahsin
  5. Membiasakan peserta didik berbahasa Arab, berbahasa Inggris dan berbahasa Indonesia.
  6. Mengoptimalkan sekolah yang berwawasan lingkungan islami yang sehat, bersih, rapi, indah dan asri.
  7. Meningkatkan kompetensi pelajar baik dalam bidang akademik maupun non akademik yang mampu bernalar kritis dan kreatif.
  8. Mengembangkan kemandirian, bernalar kritis dan kreativitas yang memfasilitasi keragaman minat dan bakat peserta didik.
  9. Mengoptimalkan sekolah yang berwawasan lingkungan islami yang sehat, bersih, rapi, indah dan asri.
  10. Membina kemandirian peserta didik melalui kegiatan kewirausahaan dan pengembangan diri yang terencana dan berkesinambungan.
  11. Mewujudkan peserta didik yang cinta tanah air sesuai dengan potensi, bakat, minat dan bakat yang dimiliki.
  12. Mengembangkan pembelajaran berbasis pesantren diintegrasikan dengan penguasaan teknologi (IT)
  13. Meningkatkan kompetensi peserta didik melalui pemanfaatan dan penguasaan literasi digital.

C. Tujuan Satuan Pendidikan

Tujuan sekolah kami merupakan  jabaran dari visi dan misi sekolah agar komunikatif dan bisa diukur. Berikut ini tujuan satuan pendidikan dalam jangka pendek (1 tahun) dan panjang (4 tahun).

  1. Tujuan Jangka Pendek (1 tahun) sebagai berikut :
  2. Peserta didik rajin beribadah, berakhlak mulia dan dapat menerapkan nya dalam kehidupan sehari-hari
  3. Peserta didik bertambah rajin beribadah, berakhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari
  4. Sekolah memiliki lingkungan yang islami, sehat, bersih, rapi, indah dan asri
  5. Memberikan pengembangan materi yang terintegrasi dengan nilai-nilai keagamaan
  6. Peserta didik mampu berbahasa Arab, Inggris, dan Indonesia dalam berkomunikasi.
  7. Peserta didik dapat bernalar kritis dan kreatif dalam kompetensi akademik maupun non akademik
  8. Menumbuhkan bakat kewirausahaan pada diri peserta didik melalui kegiatan pengembangan diri serta melibatkan siswa dalam berbagai kegiatan kewirausahaan
  9. Mengamalkan sikap toleransi dengan cara menghargai dan menghormati perbedaan yang ada di satuan pendidikan.
  10. Mengembangkan program sekolah yang membentuk ide dan gagasan cepat tanggap terhadap perubahan yang terjadi untuk merancang inovasi.
  11. Tujuan Jangka Panjang (4 tahun) sebagai berikut :
  12. Membudayakan sikap taat beribadah, toleransi terhadap perbedaan agama dan budaya yang ada, serta rasa simpati dan empati terhadap orang lain.
  13. Membiasakan peserta didik untuk berani dan konsisten menyampaikan kebenaran atau fakta serta memahami konsekuensinya untuk diri sendiri dan orang lain.
  14. Peserta didik memiliki hafalan penguasaan terhadap tahfidz 3 Juz, Tahsin
  15. Membiasakan peserta didik berbahasa Arab, berbahasa Inggris dan berbahasa Indonesia.
  16. Mengoptimalkan sekolah yang berwawasan lingkungan islami yang sehat, bersih, rapi, indah dan asri.
  17. Memiliki inisiatif untuk mengembangkan diri dan meraih cita-cita agar dapat berkontribusi pada lingkungan di masa depan.
  18. Membina kemandirian peserta didik melalui kegiatan kewirausahaan dan pengembangan diri yang terencana dan berkesinambungan.
  19. Mengembangkan program sekolah yang membentuk ide dan gagasan cepat tanggap terhadap perubahan yang terjadi untuk merancang inovasi.
  20. Mengimplementasikan proses pembelajaran dengan menggunakan model Inquiry sehingga meningkatkan budaya pikir peserta didik dalam pemecahan masalah.
  21. Mengaitkan isu-isu global dan kerusakan lingkungan dalam proses pembelajaran berbasis projek
  22. Implementasi pembelajaran yang kontekstual dan bermakna sehingga terwujudnya pembelajaran sepanjang hayat.
  23. Melaksanakan  asesmen dengan memperhatikan kebutuhan peserta didik sesuai dengan potensi, minat, dan bakat yang dimilikinya.
  24. Membiasakan peserta didik menggunakan media digital dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru Meningkatkan kompetensi peserta didik melalui pemanfaatan dan penguasaan literasi digital.
Scroll to Top